Tentang STOP

by andimicro

STOP adalah novel petualangan remaja karya penulis Jerman yang bernama Rolf Kalmuzcak dengan menggunakan nama pena ‘Stefan Wolf’. Judul STOP sendiri diambil dari nama tokoh-tokohnya yaitu Sporty, Thomas, Oscar, dan Petra. Di Jerman STOP diberi judul TKKG kepanjangan dari Tarzan (yang kemudian diganti dengan Tim), Karl, Klößchen (Klumping), dan Gaby.  Lucunya di TKKG nama Anjing Gaby adalah Oscar. Sedangkan di STOP namanya diganti Bello.

Tokoh-tokoh dalam Serial STOP

SPORTY

nama sebenarnya Peter Carsten. Tapi ia boleh dibilang tidak dikenal dengan nama aslinya itu. la pemimpin dari empat anak yang bergabung dalam kelompok STOP.  Sporty berumur 13 tahun, jangkung dan langsing, berkulit coklat kemerahan (karena sering bermain di luar) dan berambut coklat ikal. la gemar sekali berolahraga terutama judo, bola voli, dan atletik ringan. Larinya cepat sekali! Sejak dua tahun Sporty tinggal di sekolahnya yang juga menyediakan asrama. Ia duduk di kelas 9b.

Ayahnya, seorang insinyur, sudah meninggal dalam kecelakaan yang terjad! enam tahun yang lalu. Ibunya sekarang bekerja di suatu perusahaan, pada bagian tata buku. Penghasilannya tidak besar, sehingga biaya yang diperlukan untuk menyekolahkan Sporty merupakan beban berat baginya. Tapi ia rela berkorban untuk anaknya itu. Dan Sporty anak yang tahu membalas budi. Prestasinya di sekolah selalu baik. Meski begitu tidak seorang pun yang pernah mengatainya ‘sok rajin’, karena itu memang tidak benar. Bahkan sebaliknya: begitu ada persoalan yang sedikit saja berbau petualangan, Sporty pasti akan langsung melibatkan diri. Ia sangat membenci ketidakadilan, yang bisa menyebabkan ia naik pitam. Sudah sering ia terjerumus dalam kesulitan, hanya untuk membela kebenaran.

THOMAS

(alias Komputer) sekelas dengan Sporty. Tapi ia tidak tinggal di asrama sekolah, karena orang tuanya tinggal di kota tempat sekolah mereka berada. Nama keluarganya Vierstein. Ayahnya guru besar ilmu matematika di universitas. Daya ingat Thomas yang benar benar luar biasa, mungkin diwarisi dari ayahnya. Otaknya benar-benar seperti komputer segala-galanya diingat oleh Thomas. Anak ini bertubuh tinggi kurus. Jika ada sesuatu yang menggelisahkan perasaannya, ia pasti akan menyibukkan diri dengan mengelap lensa kaca matanya. Dan kalau terjadi perkelahian, ia lebih senang menonton saja. Karena dalam perkelahian, yang diperlukan tenaga otot – dan bukan daya ingat. Tapi Thomas bukan anak yang penakut. la lebih suka beradu otak daripada beradu otot.

OSKAR

(alias Gendut) gemar sekali jajan. Kecuali cacat yang satu ini, anak itu benar benar top. Sahabat sejati! la sekelas dengan Sporty, dan juga tinggal sekamar dengannya di asrama, yaitu di SARANG RAJAWALI. Orang tua Oskar kaya raya. Mereka tinggal di kota itu juga. Tapi mereka tidak keberatan Oskar memilih tinggal di asrama, karena anak itu lebih suka berkumpul dengan teman temannya. Katanya, di sekolah lebih asyik daripada di rumah, karena selalu ada-ada saja yang terjadi di situ. Ayahnya memiliki pabrik coklat, jajanan yang paling digemari Oskar, Mobil ayahnya mentereng, sebuah Jaguar dengan mesin dua belas silinder. Dalam hatinya, Oskar ingin sekali bisa langsing dan tangkas, seperti Sporty.

PETRA

(alias Salam) berambut pirang keemasan. Matanya biru, dengan bulu mata panjang dan lentik berwarna coklat tua. Gadis ini cantiknya bukan main sampai Sporty kadang-kadang tidak berani memandang. karena takut mukanya akan menjadi merah. Sporty memang sangat suka padanya. Tapi kecantikan parasnya tidak menyebabkan Petra bersikap angkuh. Bahkan sebaliknya, ia selalu mau, jika diajak berbuat iseng. Sporty, Thomas, dan juga Oskar yang gendut selalu siap untuk melindungi Petra, apalagi jika sedang menghadapi keadaan yang berbahaya.

Terutama Sporty yang paling prihatin. Ia tidak mengatakannya secara terang-terangan, tapi kalau perlu, ia mau berkorban apa saja -demi Petra. Gadis bella ini duduk sekelas dengan ketiga sahabatnya. Ia tinggal bersama orang tuanya di kota. Ayahnya komisaris polisi yang menangani urusan kriminal. Sedang ibunya mempunyai sebuah toko kecil yang menjual bahan pangan. Petra jago renang dengan spesialisasi gaya punggung. Sedang di sekolah, ia selalu mendapat nilai terbaik dalam pelajaran bahasa. Ia sangat sayang pada binatang. Anjing yang dijumpai, selalu diajaknya bersalaman. Itulah yang menyebabkan ia mendapat nama julukan ‘Salam’. Sayangnya luar biasa pada Bello, anjing spanil peliharaannya yang berbulu belang hitam-putih. Mata anjing kesayangannya itu buta sebelah. Tapi penciumannya sangat tajam — apalagi untuk mengendus bau ayam panggang!

Gramedia menerbitkan seluruh 32 seri STOP, tapi sampai sekarang tidak ada cetak ulang lagi.

Berikut ini judul lengkap seri STOP :

  1. Pencuri Lukisan Antik
  2. Penujum Buta
  3. Kubur Kosong di Tengah Rawa
  4. Paket Bergambar Tengkorak
  5. Setan Motor
  6. Teror Melanda Kelas 9 A
  7. Rahasia Vila Kuno
  8. Melacak Gerombolan Pemburu Liar
  9. Petualangan di Tepi Laut Utara
  10. Panik di Sirkus Sarani
  11. Gerombolan Pemalsu Uang
  12. Setan Api
  13. Orang-Orang Suci dari Atlantis
  14. Manusia Ular
  15. Serangan dari Antariksa
  16. X7 Tidak Menjawab
  17. Si Kembar Terancam Bahaya
  18. Misteri Tukang Sihir
  19. Harta Karun di Gua Naga
  20. Rahasia Guci Antik
  21. Gerombolan Pemasang Bom
  22. Dalam Cengkeraman Harimau
  23. Pertarungan Mata-Mata
  24. Berlian Berbahaya
  25. Misteri Topeng Hitam
  26. Drama Penyanderaan di Sekolah Asrama
  27. Bandit-Bandit di Hotel Istana
  28. Pengkhianatan di Lembah Neraka
  29. Teror Penculikan Anjing
  30. Perang Melawan Mafia
  31. Pembunuh Bayaran
  32. Perahu Penyelundup

 

 

You may also like

Leave a Comment